needdesignpartner

reblog http://weneeddesignpartner.blogspot.com/

you will need designpartner

Posts

Comments

Blogger

Blog Journalist

Connect With Us

Join To Connect With Us

Portfolio

    Posted by: Unknown Posted date: 06.12 / comment : 1




    Dikisahkan dalam Film ini kisah kehidupan suku Bushman, Kalahari dimana daerah tersebut gersang dan jarang dengan air. Hanya suku Bushman yang mampu hidup tanpa air. Walaupun hamper tidak ada air di tempat itu, namun di Kalahari menjadi tempat yang disukai para pemburu, karena di Kalahari banyak ditemui binatang.


    Menjadi suatu permasalahan ketika ada pemburu gajah datang untuk berburu. Dengan persediaan air yang secukupnya, mereka berhasil membawa pulang beberapa ekor gajahuntuk diambil gadingnnya. Saat mereka sedang beristirahat, ada dua anak suku Bushman yang kaget melihat mobil berisi banyak air. Mereka pun menaiki mobil tersebut hingga akhirnya terpisah dengan keluarga mereka karena terbawa mobil tersebut. Menegtahui mereka tidak ada, ayah mereka, Xixo, berusaha untuk pergi mencarinya.

    Sementara itu di daerah Perkotaan, Dr. Annie dari new York meninggalkan acara seminar  karena jakan Jack naik pesawat. Tapi ditengah jalan,  Dr. Annie harus berhadapan dengan orang yang tak dia kenal, Dr. Steven.  Karena cuaca yang buruk, pesawat yang dinaiki oleh Dr. Steven dengan Dr. Annie jatuh diadaerah Kalahari.

    Banyak sekali  rintangan yang dihadapi Dr. Annie dan Dr. Steven untuk bisa kembali kekota, begitupun dengan Xixo. Ia berusaha keras mencari kedua anaknya. Semunyapun dipertemukan, dan dengan tujuan masing-masing terjadi kesalah pahaman masing-masing. Akhir cerita semuanya kembali seperti semua.


    BAHAN ANALISIS KOMUNIKASI DALAM FILM
    “ THE GOD MUST BE CRAZY II

    Setelah menikmati film, yang dapat dijadikan benang merah pada analisis Film ini adalah pertama, berdasar model komunikasi, yang terdiri dari model komunikasi umpan balik, model komunikasi timbal balik, dan model komunikasi memusat. Kedua, adanya kerangka acuan (frame of reference) dan lingkup pengalaman (field of experience) walaupun yang terjadi selalu berbeda (heterophily) sehingga mengakibatkan misunderstanding. Namun ada juga yang menemui titik homophily. Ketiga, yang bisa dianalisis dalam Film ini adalah proses komunikasi yang digunakan. Tidak selamanya komunikasi verbal mampu mengatasi permasalahan terkadang juga diperlukan komunikasi non-verbal kepada lawan bicara untuk dimengerti maksud dari message kita.


    KOMUNIKASI DALAM FILM
    “ THE GOD MUST BE CRAZY II

    Dalam film ini, sebagian besar merupakan proses komunikasi, baik melalui percakapan maupun dengan simbol-simbol yang diperagakan dalam film tersebut. Berikut adalah beberapa proses komunikasi dalam film “God Must be Crazy II”.

    KOMUNIKASI  ANTARA ANNIE DUNGUN JACK
    Dr. Annie mempelajari makalah. Jack melakukan pendekatan kepada Annie dengan dengan melakukan encoding yang diungkapkan lewat ajakan Jack untuk naik pesawat terbang. Annie men-decoding pesan dari Jack, dan memberikan respons bahwa ajakan itu dirasa tidak perlu diterima. Namun ketika Jack mengajak Annie berbincang, mereka terpaut dengan dialog yang mereka bicarakan dikarenakan Jack dan Annie mempunyai Frame of Reference dan field of experience yang sama yang menghasilkan over lapping of interest pada keduanya. Dan tujuan awal dari Jack dapat tersampaikan dengan baik, terwujud dengan Annie menerima ajakannya untuk lepas landas bersama.

    KOMUNIKASI ANTARA XIXO, XISA, XIRI
    Saya mengambil proses komunikasi Xixo, Xisa, dan Xiri saat melihat gajah yang hampir mati. Xixo melakukan proses encoding yang ingin disampaikan kepada Xixa dan Xiri yang berisikan perintah agar kedua anaknya pulang dan mengabarkan kepada keluarganya bahwa ada gajah mati. Keduanya dapat menerima pesan itu dengan benar karena antara Xixo dengan anaknya memiliki frame of reference dan field of experience yang sama. Pada proses ini, Xixo sebenarnya mempunyai frame of reference dan field of experience yang lebih tinggi daripada kedua anaknya, namun dia harus mengalah atau menurunkan tingkat pengalamannya itu agar menjadi posisi Homophily agar pesan dapat tersampaikan dengan baik. Dengan begitu over lapping of interest bisa terjadi dan berakibat komunikasi bisa berjalan dengan efektif yang dibuktikan dengan kedua anak Xixo melakukan seperti apa yang dikehendakinya.

    KOMUNIKASI ANTARA DR. ANNIE DENGAN DR. STEVEN
    Saya mengambil permisalah komunikasi yang terjadi ketika Dr. Annie dan Dr. Steven tersesat. Dasarnya kedua manusia ini mempunyai pengalaman dan kerangka piker yang berbeda (heterophily). Setiap Steven mengirimkan message selalu tidak bisa diterima Annie dengan baik. Dalam proses decoding dan encoding keduanya tidak bisa menyatu karena perbedaan field of experience dan frame of reference keduanya tidak menemukan over lapping of interest. Namun perlahan mereka menemukan kesamaan frame of reference dan field of experience. Pemahaman keduanya adalah dokter dan sama-sama tersesat yang mengawali overlapping of interest sehingga mereka bisa berinteraksi dengan baik dan mulai bekerja sama agar bisa menemukan jalan keluar permasalahannya.

    KOMUNIKASI ANTARA DR. ANNIE DENGAN XIXO
    Komunikasi ini terjadi saat Dr. Annie terpisah dengan Dr. Steven. Dr. Annie bertemu dengan Xixo. Tapi keduanya tidak bisa berinteraksi dengan baik, karena antara tidak bertemunya overlapping of interest.  Frame of reference dan field of experience tidak bertemu, dikarenakan keduanya berasal dari beda daerah ditambah dengan perbedaan lingusitik yang digunakan. Ini berakibat ketika salah satu mengirimkan pesan tapi yang lain tidak bisa memahami atau memahamkan. Hal itulah yang membuat pesan tidak sampai.

    Namun dengan field of experience dan frame of reference yang tinggi, Dr. Annie berinisiatif untuk menyusun sandi dengan membuat simbol yang berisi permintaan tolong kepada Xixo. Xixo bisa menerima menerima pesan itu dengan baik karena sekarang sudah terjadi homophile antar keduanya. Xixo mampu men-decoding simbol yang di-encoding Annie. Simbol itu diterjemahkan dengan baik bahwa gerakan itu sebagai tanda bahwa Annie minta tolong. Dengan  bantuan simbol itulah, akhirnya pesan yang ingin disampaikan dapat sampai.

    KOMUNIKASI ANTARA GEORGE DAN TEMANNYA
    Komunikasi ini terjadi di dalam mobil. Pesan yang disampaikan oleh George kepada temannya jelas dapat tersampaikan dengan baik karena frame of reference dan field of experience yang sama karena mereka berasal dari pekerjaan maupun berkembang dengan keadaan yang sama. Berakibat pada over lapping of interest. Dalam percakapan mereka dalam berkomunikasi tidak ada gangguan apapun dan pesan dapat diterima dengan baik.


    ANALISIS KOMUNIKASI FILM
    “ THE GOD MUST BE CRAZY II

    Berdasarkan proses komunikasi, dalam film ini menggunakan tiga model komunikasi, yaitu sebagai berikut.

    1)      Model komunikasi dengan umpan balik
    Ini ditunjukkan ketika Xixo menceritakan kepada para warga suku Brushman bahwa ada daerah lain dan ada manusia lain pula.
    2)      Model komunikasi dengan timbal balik
    Terjadi ketika dr. Annie mengobrol dan di beri tugas atau aktivitas komunikasi dr. Annie sebelum ke Afrika. Saat dr. Annie tersesat di Afrika bersama dr. Marshall maka mereka berkomunikasi. Bentuk komunikasi yang mereka ciptakan adalah komunikasi timbal balik, untuk bersama-sama mencari solusi dari permasalahan mereka.
    3)      Model komunikasi yang memusat
    Terjadi saat percakapan menjelang naik pesawat ke afrika.

    Berdasarkan individu yang ada di Film, menurut Wilbur Schraam komunikasi dapat berhasil dengan baik apabila terjadi persamaan frame of reference dan field of experience. Sehingga ada kemungkinan, apakah keduanya sama sehingga akan disebut homophily atau keduanya berbeda atau bisa disebut heterophily.
    1)      Komunikasi Heterophily
    Ini terjadi disaat frame of reference dan field of experience antara komunikator dengan komunikan berbeda. Perbedaan ini disebabkan oleh banyak hal, seperti perbedaan dalam pengetahuan, kebudayaan, latar belakang, dsb. Ini terjadi saat Xixo tidak mampu menceritakan atau menerima dengan akal tentang kendaraan yang dia temui. Bahkan dia menganggap bahwa teknologi yang dibawa orang asing itu bagian dari sulap. Pada posisi ini terjadi heterophily antara XIxo dengan orang asing.
    2)      Komunikasi Homophily
    Terjadi saat frame of reference dan field of experience antara komunikator dengan komunikan sama. Terjadi saat percakapan George dengan temannya di dalam mobil. Contoh lain juga saat dua tentara dari negara yang berbeda bertemu dan berlatar belakang budaya yang sama akhirnya mereka dapat mengobrol karna mereka sama-sama tentara.


    Berdasarkan bentuk komunikasi yang diwujudkan ada dua tipe, yaitu sebagai berikut.
    1)      Komunikasi verbal
    Ditunjukkan dengan percakapan. Terjadi disaat dua orang tentara yang berbeda negara, menyepakati untuk menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa untuk berkomunikasi satu sama lain, karena keduanya memahami bahasa inggris dengan baik.
    2)      Komunikasi non-verbal
    Ditunjukkan dengan perilaku atau tindakan, namun dapat difahami oleh yang lain. Terjadi saat dr. Annie dan Xixo bertemu. Mereka menggunakan simbol, yaitu “memegang pundak” sebagai maksut untuk “memberi salam”.
                   

    icon allbkg

    Tagged with:

    Next
    This is the most recent post.
    Previous
    Posting Lama

    1 for SINOPSIS FILM “ THE GOD MUST BE CRAZY II“

    1. Consider that Gods was produced during the oppressive apartheid regime. Already we should be on the lookout for political overtones. When the movie begins, a narrator describes the lives of the "Bushmen" in South Africa. He speaks in a declarative, documentary-style voice. We are shown images of Bushmen, otherwise known as the San people, hunting and finding water in the desert. The film seems to offer evidence supporting the claims of the apartheid governments that the blacks were living decently well and receiving fair treatment. This is all false, so let me explain how this movie is actually a piece of propaganda.. yidio And zmovies

      BalasHapus

Comments

The Visitors says